Selasa, 23 Februari 2016

Mempersiapkan Pensiun



Mempersiapkan pensiun 

Apa aja sih yang bisa kita lakukan dalam mempersiapkan sebelum terjadinya pensiun. Mungkin bagi anda yang sekarang masih memiliki pekerjaan harus mempersiapkannya dari sekarang karena pada saat anda bekerja dengan usia yang masih terbilang muda itu juga bagus dilakukan karena anda tidak tahu kapan anda akan mengalami pensiun tersebut. Ternyata selain bergantung pada pekerjaan yang paling utama, bisa juga anda laukan mengerjakan pekerjaan sampingan untuk memberikan tambahan pemasukan yang bermanfaat.

Mengumpulkan dana pensiun saat masih muda itu harus giat dikerjakan karena mengerjakan pekerjaan selama masih masa muda juga hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pengumpulan dana pensiun tersebut. Karena kebutuhan hidup yang terus meningkat memaksa kita untuk cermat mengatur dalam hal keuangan sekalipun kalau nanti kita sudah memasuki masa pensiun. Jadi hal apa saja yang perlu dilakukan pekerja muda untuk mempersiapkan dan pensiun ada yaitu sebagai berikut :

Harus bisa memulainya dari sekarang
Kebiasaan untuk berhemat atau menambung itu sangat penting dilakukan karena alangkah baiknya kalau kebiasaan menabung itu dimulai dari sekarang juga. Mintalah beberapa pendapat dari pihak perencana keuangan atau orang-orang yang sudah berpengalaman dalam mengatur uang yang dikelolanya supaya membantu kita melakukan penghematan yang benar dalam melakukan sesuatunya.

Buatlah suatu rincian biaya pengeluaran
Biaya setiap yang dikeluarkan itu harus dicatat setiap kita mengluarkan biaya tersebut karena manusia tidak luput dari lupa dan supaya tidak lupa setelah habis mengeluarkan biaya sebaiknya melakukan pencatatan. Karena kalau tidak melakukan pencatatan, dana yang kita tabungkan akan menguras atau habis sedikit demi sedikit. Dengan menyiapakan segala catatan untuk membantu dalam perincian biaya pengeluaran yang kita gunakan sehar-hari tidak mengalami pemborosan yang sangat drastic.

Menabung untuk diri sendiri maupun keluarga
Betapa senangnya saat menerima gaji pada awal bulan. Biasanya gaji yang didapatkan tersebut harus disisihkan untuk kebutuhan hidup, dalam membayar setiap keperluan yang dibeli setiap bulannya. Setelah menyisihkan gaji untuk kebutuhan, jangan lupa untuk keluarga juga karena sangat penting untuk menyisihkan gaji kepada keluarga anda dan sisihkan lagi untuk menabung buat diri anda sendiri. Menabung harus dilakukan menjadi satu hal yang memiliki prioritas berikutnya setelah memenuhi kebutuhan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar