Selasa, 09 Februari 2016

latihan berbicara didepan umum



Latihan Berbicara di Depan Umum

Niat yang nomor satu adalah prinsip seorang public speaker. Pembicaraan public tebaik itu asalah memebrikan pembicaraan yang bukan hanya menerangkan dan mengajarinya dengan materi semata. Mereka berbicara karena ingin berbagi pengetahuan dan membuat sebuah hidup jadi lebih baik lagi. Menyatukan semua niat seperti ini merupakan cara sederhana namun sangat baik untuk mengatasi gugup yang dialami di depan panggung.

Lihat dan kenalilah maunya audiens itu seperti apa, sebelum kita mulai untuk berbicara di depan umum maka kita perlu mengenali dulu audiens kita. Kita perlu mengenali usia, pendidikan, dan lihat audiens kita itu baik laki maupun perempuan, hingga minat mereka seperti apa. Mengetahui seperti apa audiens membuat kita menjadi lebih siap dan  mengertikan mereka, karena kita bisa membuat materi yang sesuai dengan audiens kita.

Pembicaraan public terbaik selalu menganggap bahwa bukan merekalah tokoh yang utama, tetapi audiens yang menjadi peran utama. Oleh karena itu sebelum maju ke atas panggung haru dapat mempersiapkan secara maksimal dan yang terbaik untuk bermanfaat sebesar-besarnya kepada peserta yang datang untuk mendengarkan mereka berbicara.

Tik Tok dengan audiens. Jika kita merasa gugup sebeblum naik ke atas panggung maka ada tips praktis yang bisa digunakan yaitu tik tok dengan audiens sebelumnya terlebih dahulu. Tik tok ini berguna untuk membiasakan diri kita banyak bebicara dan dapat melatih pita suara agar anda dapat tampil maksimal ketika sudah berada di panggung.

Yakinlah bahwa anda bisa, banyak orang yang gagal berbicara di depan public dengan baik katena mereka tidak merasa percaya diri atas apa yang mereka akan sampaikan kepada audiens. Maka jika memang anda diminta menyampaikan suatu hal yang bukan bidang anda, sebaikanya tolak dengan cara yang halu supaya tidak tersinggung. Namun, apabila anda menerimanya anda dapat mengambil resikonya dan pastikan dipelajari dengan seksama topic anda hingga bisa dipercaya.Biasakan latihan terlebih dahulu sebelumnya. Apabila disitu ada suatu ruangan kosong bisa saja anda melakukan simulasinya seolah-olah sedang berbicara di depan orang banyak. Dan seringlah melakukan latihan-latihan dengan cara ini membuat anda lebih percaya diri.

Pembicaraan yang tangguh membuat visualisasi atau membayangkan bahwa presentasi yang mereka sampaikan di depan umum berhasil dengan baik bahkanmendapatkan applause atau tepuk tangan yang sangat meruah dari audiens. Visualisasi ini memberikan kepercayaan diri saat anda tampil di depan panggung.Gunakan rumus yang biasa digunakan ketika membuka latihan yaitu senyum, sapa, sanjung. Pastikan kita kita harus bersikap dengan ramah dan senyum kepada audiens, lalu berikan sapaan yang memukau mereka , baru setelah itu sanjung audiens anda. hal ini akan membuat pembukaan yang kita lakukan lebih bermakna dalam public speaking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar