Minggu, 21 Februari 2016

Komunikasi Publik



Komunikasi Publik menurut saya


Komunikasi public merupakan suatu komunikasi yang dilakukan didepan umum untuk menyampaikan  pesan kepada public yang dismpaikan dapat berupa suatu informasi, ajakan, dan gagasan. Komunikasi public memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan agar pesan yang disampaikan itu dapat diberitahukan kepada public secara efektif dan efisien. Komunikasi public sering juga disebut dengan komunikasi massa. Namun komunikasi public ini lebih memiliki makna yang sangat luas dibanding dengan komunikasi massa. Komunikasi public adalah suatu proses dimana memberikan suatu komunikasi kepada public untuk menyampaikan suatu informasi yang berkesan baik untuk kepentingan public. Komunikasi public juga adalah suatu pertukaran pesan dengan sejumlah orang dalam suatu acara yang diluar dari kegiatan yang secara langsung maupun melalui media.

Pentingnya komunikasi public ini dilakukan karena sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara terbukan dengan lingkungan luar yang berpengaruh kepada kehidupan lingkungan itu sendiri. Sekarang komunikasi public ini banyak sekali untuk menangani khusus masalah sebuah promosi, penyiaran, kajian-kajian khusus, pertunjukkan, dan lain sebagainya.  

Ciri ciri komunikasi public ini adalah pada komunikasi public sedang berlangsung satu pihak dari pendengar cenderung lebih pasif/tidak aktif dalam menaggapinya karena untuk mengetahui apa informasi yang disampaikan kepada public itu. Interaksi antara sumber dan penerima terbatas maksudnya disini komunikasi public yang dilakukan saat menerangkan kepada pendengar itu jangan terlalu berlebihan memberikan suatu interaksi karena itu akan terkesan aneh oleh para pendengar, dan interaksi yang baik itu tidak terlalu berlebihan atau overprotektif. Umpan balik yang diberikan terbatas karena komunikasi public ini di berikan kepada public jadinya upan balik yang dilakukan itu sangat jarang sekali kalau tidak didukung dengan pembawaan yang dilakukanya. Biasanya komunikasi public ini sudah direncanakan mulai dari jauh hari sebelum acara itu terlaksana mulai dari tempat,waktu,tanggal yang akan dilakukan dalam acara tersebut dan pada komunikasi public ini sangat banyak sekali dihadiri oleh orang banyak. Komunikasi public ini bertujuan untuk memberikan penerangan, menghibur, memeberikan penghormatan, dan membujuk kepada para pendengar yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar