Minggu, 10 Januari 2016

Pendidikan di Indonesia



 Image result for pendidikan di indonesia
Pendidikan di Indonesia 

Pendidikan di Indonesia jika  dilakukan dengan secara efektif, pasti pendidikan tersebut dapat memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuannya dengan maksimal. Hal yang sangat penting dalam bagian integral pembangunan dan mengembangkan sumber daya manausia yang berkulaitas. Dan dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.

Kurikulum pendidikan di Indonesia pada  tahun 2013 berganti menjadi kurikulum 2013, dalam peroses pengajaran pendidikan kurikulum 2013 ini untuk menjadikan pelajar menjadi lebih mandiri. Jadi pada tahap kurukilum ini proses pengajarannya dilakukan oleh pelajar untuk mecari apa yang diterangkan oleh guru disekolah bisa dicari melalui internet. Hubungan antara kurikulum dengan pembelajaran merupakan suatu hubungan yang tidak dapat terpisahkan mereka sangat terkaitan satu sama lain. Kurikulum tanpa pembelajaran maka kurikulum tersebut tidak akan berguna. Kurikulum harus berkaitan dengan yang diajarkan oleh guru, sedangkan pengajaran mengacu pada bagaimana cara mengajarkannya. Pada kurukilum 2013 ini dilakukan oleh pemerintah hanya sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk menjalankan kurikulum 2013. 

Kualitas pendidikan di indonesia  masih sangatlah rendah yang akan melemahkan daya saing Indonesia dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN 2015. Oleh karena itu Indonesia harus meningkatkan kualitas pendidikan dan melakukan terobsan yang baru dalam sektor pendidkan. Selain itu pemerintah harus meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan baik di sekolah maupun diperguruan tinggi. 

Pendidikan pengajaran guru di indonesia yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran yang baik, bagaimana guru dapat mengajarkan kepada muridnya dengan baik dan benar yaitu bukan hanya memberikan tugas saja setiap hari tetapi harus ada indikatornya. Diperlukan strategi untuk pembelajaran terhadap murid agar muridnya dapat memamahami apa yang guru sampaikan kepadanya. Guru juga dapat memberikan motivasi kepada muridnya dan bagaimana guru tersebut dapat menerapkan suasana baru bagi murid, bukan hanya berfokus kepada pelajaran saja tetapi setidaknya berikan murid sedikit kesenangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Upaya pemerintah dalam mengatasi pendidikan di Indonesia melalu berbagai paket program pendidikan sebagai implementasi. Program-program yang dibuat oleh pemerintah. Meningkatkan saran dan prasarana pendidikan tersebut menjadi lebih baik. Pemerintah juga harus tahu bahwasannya anak-anak merupakan investasi masa depan sebuah bangsa. 

Kesimpulannya pendidikan sangatlah berguna bagi bangsa dan negara karena dengan pendidikan yang didapat menjadi investasi bagi suatu bangsa. Tetapi dalam proses pengajaran kualitas pendidikan masih sangatlah rendah. Dilihat dari sisi kualitas pengajarannya dan bagaimana  seorang guru dapat mendidik seorang muridnya dengan baik dan benar dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah dan pemerintah harus meningkatkan sarana dan prasana bagi sekolah yang masih memerlukannya fasilitas tersebut agar murid dapat berkembang dalam pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar