Pendidikan di Indonesia
Pendidikan di Indonesia jika dilakukan dengan secara efektif, pasti pendidikan
tersebut dapat memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah,
menyenangkan dan dapat tercapai tujuannya dengan maksimal. Hal yang sangat
penting dalam bagian integral pembangunan dan mengembangkan sumber daya
manausia yang berkulaitas. Dan dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan
pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.
Kurikulum pendidikan di Indonesia pada tahun 2013 berganti menjadi kurikulum 2013,
dalam peroses pengajaran pendidikan kurikulum 2013 ini untuk menjadikan pelajar
menjadi lebih mandiri. Jadi pada tahap kurukilum ini proses pengajarannya
dilakukan oleh pelajar untuk mecari apa yang diterangkan oleh guru disekolah
bisa dicari melalui internet. Hubungan antara
kurikulum dengan pembelajaran merupakan suatu hubungan yang tidak dapat
terpisahkan mereka sangat terkaitan satu sama lain. Kurikulum tanpa
pembelajaran maka kurikulum tersebut tidak akan berguna. Kurikulum harus
berkaitan dengan yang diajarkan oleh guru, sedangkan pengajaran mengacu pada
bagaimana cara mengajarkannya. Pada kurukilum 2013 ini dilakukan oleh
pemerintah hanya sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk menjalankan kurikulum 2013.
Kualitas pendidikan di
indonesia masih sangatlah rendah yang
akan melemahkan daya saing Indonesia dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN
2015. Oleh karena itu Indonesia harus meningkatkan kualitas pendidikan dan
melakukan terobsan yang baru dalam sektor pendidkan. Selain itu pemerintah
harus meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan baik di sekolah maupun
diperguruan tinggi.
Pendidikan pengajaran guru di
indonesia yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran yang baik, bagaimana
guru dapat mengajarkan kepada muridnya dengan baik dan benar yaitu bukan hanya
memberikan tugas saja setiap hari tetapi harus ada indikatornya. Diperlukan
strategi untuk pembelajaran terhadap murid agar muridnya dapat memamahami apa
yang guru sampaikan kepadanya. Guru juga dapat memberikan motivasi kepada
muridnya dan bagaimana guru tersebut dapat menerapkan suasana baru bagi murid,
bukan hanya berfokus kepada pelajaran saja tetapi setidaknya berikan murid
sedikit kesenangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Upaya pemerintah dalam mengatasi pendidikan di Indonesia
melalu berbagai paket program pendidikan sebagai implementasi. Program-program
yang dibuat oleh pemerintah. Meningkatkan saran dan prasarana pendidikan
tersebut menjadi lebih baik. Pemerintah juga harus tahu bahwasannya anak-anak
merupakan investasi masa depan sebuah bangsa.
Kesimpulannya pendidikan sangatlah berguna bagi bangsa dan
negara karena dengan pendidikan yang didapat menjadi investasi bagi suatu
bangsa. Tetapi dalam proses pengajaran kualitas pendidikan masih sangatlah
rendah. Dilihat dari sisi kualitas pengajarannya dan bagaimana seorang guru dapat mendidik seorang muridnya
dengan baik dan benar dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah dan
pemerintah harus meningkatkan sarana dan prasana bagi sekolah yang masih
memerlukannya fasilitas tersebut agar murid dapat berkembang dalam pendidikan
di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar