Kamis, 21 Januari 2016

Manfaat Sholat Bagi Kesehatan



Manfaat Sholat Bagi Kesehatan 

Image result for manfaat sholat bagi kesehatan 


Sholat merupakan kewajiban bagi umat muslim bahkan bisa lebih dari kewajiban, sholat sampai bisa di katakana kebutuhan bagi umat muslim. Sholat 5 wakatu merupakan rukun islam yang ke 2 dimana amal ini akan menympurnakan ke islaman kita. Tetapi apakah kita pernah berfikir bila gerakan sholat ini mempunyai beribu bahkan berjuta-juta manfaat bagi kesehatan kita, bahkan gerakan sholat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sisi medis, sholat ada;ah gudangnya obat dari berbagai macam penyakit.

Berikut ini manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh:

Takbiratul Ihram
Postur berdiri tegak mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu melipatny di depan perut atau dada bagian bawah. Manfaatya yaitu gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan, posisi jantung dibawah otak memungkinkan darah mengalir lancar keseluruh tubuh, saat mengakat keduan tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar, kemudian keduan tangan didekapkan didepan perut atau dada dibagian bawah, sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk, postur rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakan segala air diatas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaatnya yaiatu menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belang sebagai penggah tubih dan pusat syaraf, jantung sejajar dengan otak, maka alirna darah maksimal pada tubuh bagian tengah, tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal, postur bangun dari rukuk tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan srtinggi telinga. Manfaatnya yaitu itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sbelum sujud, gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan penglonggatan secara bergantian dan efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Sujud postur menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Manfaatnya aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak, posisi jantung diatas otak menyebabkan dara kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak, aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, oleh karena itu lakukan sujud dengan tuma’ninah, jagan tergesa-gesa agar darah mencakupi kapasitasnya di otak, ini juga menghindarkan gangguan wasir, khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesubran dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk, postur duduk ada dua macam, tahiyyat awal dan tahiyyat akhir perbedaan terletak [ada posisi telapak kaki. Manfaatnya yaitu saat tahiyyat awal kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf. Posisi ini menghindarkan nyeri pasa pangkal paha yang serting menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan, duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran was deferens, jika dilakukan dengan benar postur ini mencegah impotensi, variasi posisi telapak tahiyyat awal dan tahhyat akhir menyebabkan seluruh otot tungkai turut menerang dan kemudian relaks kembali.
 
Salam, memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal, manfaatnya relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala, gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencagan kulit wajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar