Senin, 25 Januari 2016

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan



Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

 

 
Mencegah kanker. Apel bersifat sebagai anti kanker yang tetunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Didalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah didentifikasi oleh para ahli penelitian. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pagi kesehatan. Karena buah apel juga kaya serat dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan jika cukup rutin makan buah ini tiap hari.

Menurunkan kolesterol. Apel sangat kaya dengan serat larut yang fungsinya bersaing dengan lemak dala usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian kesimpulannya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesteroljahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel mengandung antioksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit. Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai antiinflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diiringkan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang mengaggap  apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.
Mengendalikan gula darah. Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pectin yang memiliki peranan sebagai pengendali gula darah dalam tubuh dengan mengakut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.

Menurunkan  berat badan. Apel adalah buah yang banyak mengandung serat dan rendahnya kalori dapat jadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Hal ini berpotensi besar terhadap penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh ikut terbakar.

Jadi itulah manfaat buah apel bagi kesehatan untuk diri kita, makan buah apel setiap hari karena baik buat kesehatan hidup kita dan sudah tahukan manfaatnya seperti apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar