Rabu, 06 Januari 2016

BISNIS ONLINE




Bisnis Online

Bagi baru yang memulai bisnis online, sebelum kita membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kita dapat definisikan bisnis online itu apa. Menurut saya pribadi, bisnis online itu adalah suatu usaha yang menggunakan media internet dengan cakupan sangat luas. Bila secara dijalankannya secara offline.

Lalu saya berpikir bisnis online apa yang dapat saya jalankan sebagai bisnis saya.  Modalnya itu relative atau tidak ya dalam bisnis online. Bagaimana cara melakukan bisnis online itu menjadi menarik. Apa saya hanya berdiam diri untuk melakukannya atau seperti apa.

Saya mulai melakukan misalnya melalui riset produk. Artinya produk tersebut banyak yang membutuhkan atau tidak pada saat dipasarkannya. Carila produk yang laku dipasaran saat kita menjalankan bisnis online tersebut.

Mengenal jenis produk yaitu dapat berbentuk produk fisik, produk digital dan produk jasa. Contoh barang atau produk fisik yaitu seperti mobil, motor, makanan, aksesoris, rumah dan bangunan, yang dibutuhkan. Contoh barang digital yaitu seperti produk-produk informasi, kursus online dan software. Contoh jasa, misalnya seperti jasa pembuatan website, jasa online marketing, agen tour, dan travel, agen umroh dan haji. Langkah pertama ini sangat susah menurut saya karena harus membutuhkan suatu strategi dalam konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan dan harus belajar ilmu bisnis. 

Dapat dimulai dengan situs social media, aplikasi chat dan situs marketplace yang bisa digunakn untuk bisnis online. Bila kita sudah mempunyai situs dan aplikasi tersebut dapat melakukan bisnis online dan mempromosikan produk kita tersebut, jualkan kepasaran juga jangan hanya di social media, yang dilakukan untuk itu mulailah melakukan yang lainnya. Buatlah website sendiri jika sudah menguasainya. Menguasai inilah yang sering terjadi kesusahan dalam menangani bisnis online ini. Terutama dalam manajeman marketingnya harus dapat mempromosikannya sedetail mungkin dari produk yang dipasarkan, gambaran produknya seperti apa kualitas barangnya bagaiman, kondisinya juga harus diperhatikan saat bisnis online ini. Apakah bproduk yang ditawarkan harganya terjangkau atau tidak. Sebisa kita dalam mengontrol pemasarannya dalam bisnis ini. Barang yang di order banyak peminatnya juga harus diperhatikan, karena laku atau tidaknya suatu produk ini bisa dilihat dari kita bisakah kita mengelolanya dalam mengambil resiko pemasarannya dan harus mengetahui dalam pemasaran yang kita lakukan. 

Jadi kesimpulannya bisnis online itu terutama bagaimana kita dapat memasarkannya atau mempromosikannya sesuai yang dibutuhkan masyarakat ketika berbisnis online. Seandainya kita sudah dapat menguasai semua situs social media, dan aplikasi chat, situs marketplace itu sangatlah bagus dalam bisnis online ini. Dimana ada peluang disitulah anda dapat uang dengan bisnis online ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar