Kamis, 21 Januari 2016

Cara Menjaga Jantung



Cara Menjaga Jantung
Image result for gambar jantung sehat 

Gerakan tubuh dengan berolahraga secara teratur  
Berolahraga sangat penting bagi jantung karena membuat mengurangi resiko munculnya penyakit janttung. Selain itu, olahraga juga akan membantu mejaga berat bada pada tingkat yang sehat sehingga membuat jantung tetap dapat memompa dengan efisien. Olahraga juga tidak harus bera. Jalan santai, membersihkan rumah ataupun melakukan olahraga lainnya yang tidak sulit untuk dilakukan.

Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat setiap hari akan menjaga jantung tetap sehat. Pilihlah makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak, dan juga rendah garam agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik. Selain itu tambahkan  sayura, buah, susu, serta biji-bijian ke dalam diet harian. Sesekali anda bisa makan sesuai keinginan, namun selebihnya harus mengosumsi yang sehat sesuai dengan kebutuhan jantung.

Hindari kebiasaan merokok
Semua orang tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa merokok dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan jantung. Jika ingin jantung tetap sehat maka hindarilah kebiasaan merokok.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
Rutin mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Tekanan dara dan kadar kolesterol merupakan hal penting yan gharus dikontrol secara rutin agar kadarnya tetap rendah untuk memastikan jantung tetap sehat. Lakukanlah pemeriksaan rutin agar bisa memastikan kondisi kesehatan jantung.

Membuat makanan sendiri
Daripada mengandalkan makan diluar spanjang waktu atau membeli makanan siap saji, memasak sendiri. Hal ini memungkinkan untuk benar-benar mengontrol apa yang masuk ke hidangan sehingga bisa memastikan menggunakan hanya bahan terbaik.

Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran
Makanlah buah dan sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung seperti bayam, buah alpukat serta kacang-kacangan serta kurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Mengurangi minum alcohol
Sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak minum-minuman yan gmengandung alcohol ini dikarenakan minuman beralcohol mampu merusak otot jantung.







Makanlah kacang-kancangan sehat
Ganti cemilan degan memakan kacang-kacangan yang alami dan menyehatkan. Kacang almond, walnut dan kacang-kacangan yang terbukti menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Kacang-kacangan mengandung kalori yang tinggi, jadi jangan berlebihan dalam megonsumsinya. Cukup mengonsumsi sedikit kacang dalam sehari dapat membantu melindungi jantung dengan lemak yang sehat.

Minumlah the hijau tanpa gula, tinggalkan minuman bersoda
Seduhlah sendiri the hijau dan bawa ke manapun pergi baik itu ke kantor atau sekedar berkunjung ke taman. The hijau mengandung antioksidan yang baik bagi keshatan jantung dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah. Minum dua cangkir teh tanpa gula sehari telah terbukti memiliki manfaat untuk melindungi kesehatan jantung.

Tidur malam berkualitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung. Kesibukan kerja bisa membuat jumlah jam tidur di malam hari berkurang. Kurang tidur menyebabkan seseorang memiliki resiko dua kali lipat terkena serangan jantung. Tidurlah selama 8 jam penuh beberapa orang mungkin perlu lebi dari 8 jam.

Demikian 10 cara mejaga kesehatan jantung segera lakukan agar jantung anda agar dapat tetap sehat dan selalu mengontrol ke dokter dan berfungsi untuk kesehatan janatung anda. Jaga kesehatan jantung anda sedemikian rupa agar hidup menjadi sehat. Jantung sehat, hidupku sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar