Rabu, 13 Januari 2016

pengertian pendidikan karakter



Pengertian Pendidikan Karakter
 
 
Pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda negara kita. Karakter berkaitan dengan moral, sikap moral, dan perilaku moral. Berdasarkan ketiga komponen ini dapat dinyatakan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik dan melakukan perbuatan kebaikan.
 
Pendidikan karakter menurut Lickona
            Sederhana pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi karakter siswa. Tetapi untuk mengerahui pengertian yang tepat dapat dikemukakakan disini definisi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Menyatakan pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai etikan yang inti.

Pengertian Pendidikan Karakter Secara Umum
Pendidikan yang bentuk kegiatan di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.

Pengertian Pendidikan Karakter Secara Etimologi
Asal karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso”(cetak bitu, format dasar, sidik, seperti dalam sidik jari). Sedangkan karakter menurut pandangan kebanyakan orang Indonesia atau dalam artian orang Indonesia adalah hal yang srting dilakukan ileh orang tersebut atau dalam kata lain sifat orang tersebut dalam suatu hal, seperti pemarah, sabar, pemaaf ataupun misalnya dalam hal yang lainnya.

Jadi pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter pada seseorang yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melakasanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap sesama diri sendiri maupun orang lain. Pada hakikatnya karakter manusia sudah ada sejak lahir tapi mulai terbentuk sejak manusia aktif di dunia, karena karakter manusia sangat dipengaruhi oleh beberapa hal bisa dari lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga dan lain sebagainya.

Dengan demikian, tentang karakter seseorang kita hanya bisa melihat dan menilai apakah manusia itu memiliki karakter kuat atau lemah. Apakah dia lebih terdominasi dari kondisi yag telah ada sejak lahir atau dia menjadi orang yang memanfaatkan atas kondisi narutal yang telah dia terima.

Kesimpulan pengertian pendidikan karakter menurut saya pribadi adalah pembentukan kepribadian dari diri seseorang yang sudah di didik sejak kecil dan akan berkembang berdasarkan pengarung lingkungan masyarakt atau lingkungan keluarga dan sebagainya. Bagaimana kita bisa membentuk karakter tersebut sehingga pada saat nanti dapat menjadi karakter yang baik untuk di contoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar