Kamis, 28 Januari 2016

Kesehatan Ibu Hamil Muda




Kesehatan Ibu Hamil Muda 
Image result for gambar kesehatan ibu hamil muda

Sudah menjadi rahasia umu bahwa asupan gizi ibu hamil sangatlah berpengaruh pada kesehatan dan kecerdasan sang buah hati. Namun seringkali ibu hamil merasa gundah apakah asupan makanan yang dikonsumsi sudah memenuhi nutrisi yang cukup bagi sang buah hati ataukah justri masih kurang. Berikut merupakan daftar asupan nutrisi yang diperlukan sang ibu pada masa kehamilan :

1. karbohidrat
Karbihidrat merupakan senyawa organic yang memiliki fungsi sebagai bahan bakar, serta zat pembangun. Bagi wanita hamil terdapat anuran takaran dalam kelompok karbohidrat yaitu 6-11 porsi. Hal ini dikarenakan wanita hamil membutuhkan nutrisi sebagai pembangun tenaga yang cukup agar tetap dalam keadaan sehat dan bertenaga.

2. protein
Bagi ibu hamil takaran anjuran untuk asupan protein adalan 75-100 gram/hari. Protein dapat diperoleh dari mengkonsumsi daging, tempe, tahu, kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang tanah dan kacang  panjang.

3. nasi merah
Mengapa nasi merah sangat dianjurkan bagi pemenuhan nutrisi ibu hami? hal ini dikarenakan nasi merah merupakan jenis nutrisi yang kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Selain itu, nasi merah juga rendah indeks glikemik dan membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Kelompok vitamin B diperlukan untuk kesehatan sisten saraf dab produksi sel-sel darah merah. Saat hami, volume darah meningkat 40-60 persen. Oleh karena itu, mengkonsumsi nasi merah sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

4. sayuran
Sayuran merupakan nutrisi yang berfungsi dalam menyehatkan pencernaan, melancarkan Buang Air Besar(BAB), meningkatkan sistem imun, meningkatkan kesehatan syaraf dan mata serta mencagah kanker. Wanita hamil snagat dianjurkan mengkonnsumsi sayuran dengan khususnya sayuran berdaun hijau yang berfungsi sebagai sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C.

Pasa fase kehamilan, ibu seringkali mengalami kekurangan zat besi. Asupan sayuran bayam akan membantu ibu mengatasi kekurangan zat besi. Di sisi lain, serat membantu ibu mencegah sembelit sementara vitamin C membantu penyerapan zat besi untuk ibu hamil. Sedangkan folat diperlukan tumbuh kembang bayi di dalam rahim. Oleh karena itu, sayuran sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar