Senin, 11 Januari 2016

masalah pendidikan di Indonesia



Masalah Pendidikan di Indonesia 
Image result for masalah pendidikan
Masalahnya adalah sikap yang kurang  terhadap cinta tanah air dan nasionalisme terhadap bangsa dan negara sendiri. Kurangnya partisipasi sebagai warga negara Indonesia dalam pendidikan. Dan kurangnya peran pemerintah dalam memfasilitasi untuk mendukung program pendidkan di Indonesia. 

Masalah pedidikan di Indonesia yang pertama adalah kurangnya kesadaran dengan adanya disintegrasi jadi unsur integrasi  cenderung semakin hilang. Padahal tidak hanya berfikir. Sebab ketika seorang sedang belajar, maka orang yang sedang belajar tersebut melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengamati, membandingkan,meragukan, menyukai dan bisa timbul rasa semangat dalam diri kita. Masalah kedua adalah system top down, system ini sangat tidak membebaskan karena peserta didik daianggap manusia-manusia yang tidak tahu apa-apa. Guru sebagai pemberi pengarahan kepada murid-murid untuk mengahafal apa isi pelajaran yang diterangkan. Guru sebagai pengisi dan murid sebagai yang diisi. Murid hanya menampung apa saja yang diberikan atau disampaikan dari guru. Jadi hubungannya adalah guru sebagai subyek dan murid sebagai objek. Model ini tidak membebaskan karena sangat menindas para murid. Masalah yang ketiga manusia yang dihasilkan ini hanya siap untuk memenuhi kebutuhan zaman dan bukannya bersikap kritis terhadap zaman. Bukan kita dapat melihat bagaimanan kaum muda zaman ini begitu cenderung ke hal-hal yang baru. Mampukah kita sebagai sarana interaksi kultural untuk manusia yang sadar akan tradisi dan kebudayaan serta keberadaan masyarakatnya sebagai sekaligus juga menerima dan menghargai keradaan tradisi, budaya dan situasi masyarakat lain. 

Saat ini yang sedang kita rasakan ialah ketertinggalannya mutu pendidikan. Baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Hal tersebut dapat dibandingkan dengan mutu pendidikan negara lain. Dalam hal ini sebenarnya penyebab rendah kualitas pendidikan yang ada di Indonesia ialah masalah keefektifan serta keefesiensian standart dari pengajaran itu sendiri. Hal ini juga berarti bahwa komponen yang ada dalam pendidikan juga beperan penting, salah satunya tenaga pendidik atau guru dan dosen.

Masalah-masalah lainnya yang dihadapi oleh dunia pendidkan di Indonesia lainnya adalah rendahnya prestasi siswa. Dalam hal ini dapat disebabkan oleh beberapa factor yang mempengaruhi siswa tersebut yang dapat berupa factor lingkungan, ekonomi dan social.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar