Minggu, 17 Januari 2016

Cara Hidup Sehat



Pola Hidup Sehat Jasmani dan Rohani secara Teratur
Cara Hidup Sehat

Cara hidup sehat itu berdasarkan jasmani dan rohani maksudnya disini hidup sehat merupakan yang tanpa gangguan meliputi permasalahan kesehatan baik berupa penyakit-penyakit fisik maupun non-fisik. Perilakukan yang sehat merupakan tindakan yang dilakukan oleh setiap individu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, seperti tindakan mencegah penyakit, tindakan keberisihan diri sendiri dan tindakan menjaga kebugaran melalui olahraga yang teratur dan makan-makanan yang bergizi yang diperlukan oleh tubuh kita agar tetap sehat. Kebiasaan perilaku hidup sehat hendaknya dilakukan sebagai upaya mendapatkan hidup sehat. Meningkatkan kesehatan hidup, mencegah risiko dan melindungi diri dari ancaman berbagai penyaki, serta berperan aktif dalam kegiatan kesehatan.

Manusia adalah keutuhan jasmani dan rohani yang berhubungan dan tidak dipisahkan. Kondisi rohani berpengaruh pada kondisi jasmani dan kondisi jasmani berpengaruh pada kondisi rohani. Pola-pola hidup sehat baik secara jasmani maupun rohani antara lain sebagai berikut :

A. Pola Meraih Kesehatan Jasmani antara lain yaitu :
1. Pola makan  yang sehat dan teratur
            Tubuh akan terpengaruh oleh makanan yang dikonsumsi, makan-makanan yang sehat harus mengandung jumlah gizi yang seimbang. Hendaknya kita harus memeriksa label makanan-makanan dan minuman-minuman yang sudah berkadaluarsa atau belum berkadaluarsa, dan pilih makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui segala sesuatu tentang makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.
2. Minum Air Secukupnya
            minumlah air putih secukupnya, kurang lebih antara enam dan sampai delpan gelas air perhari. Minum air lebih banyak setelah kita melakukan aktivitas jasmani/fisik berat seperti olahraga. Minum air yang cukup akan memberikan bantuan kepada tubuh menggantikan air yang hilang dan membersihkan tubuh dari racun yang mematikan atau tidak.  Minum air mineral yang banyak sangat dianjurkan, tetapi hindari konsumsi minuman-minuman yang mengandung soda dan berakohol.
3. Berolahraga yang secukupnya
            olahraga yang teratur dan terukur akan mampu membuat keadaan jasmani kita selalu tetap terjaga. Selain itu, dengan olahraga juga mampu mengatasi ketegangan dan kekakuan metal kita. Olahraga teratur mampu mempelancar siklus peredaran darah, memperkuat otot-otot dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Olahraga yang mudah murah dan ramah dapat kita lakukan dengan berjalan cepat, jogging, bersepada dan jalan santai.
4. Hidari kebiasaan buruk yang merugikan
            selain harus menjalankan kebiasaan kehidupan yang baik, kita juga hendaknya menjauhkan kebiasaan buruk, seperti memakan- makanan yang kurang bergizi, jajan sembarangan tempat, merokok dan hati-hati menyalahgunakan narkoba dan lain sebagainya.


B. Pola Meraih Kesehatan Rohani
Orang yang mempunyai rohaninya sehat adalah orang yang selalu bersyukur, bahagia atas nikmat yang diberikan kepadanya, selalu merasa cukup terhadap pemberian, sabar, ikhlas, dan tatkala mendapatkan nikmat yang lebih baik, susah tatkala melihat temannya sedih dan ada masalah, selalu berusaha agar melihat orang lain bahagia, tawakal dan mau menerima apa adanya. 

Kesmipulannya cara hidup sehat itu bagaimana sesorang itu dapat mengatur pola kesehatan jasmani maupun kesehatan rohaninya, kesehatan jasmani sangat diperlukan oleh tubuh kita agar tetap sehat, dan rohani adalah kesehatan dalam hidup atau jiwa seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar